Optimalkan Kebersihan dan Kerapian, Ciptakan Kebetahan

Sudah dilihat 526 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

KONGBENG, MEDIAIBUKOTA- Perpustakaan yang bersih dan rapih akan membuat pengunjungnya merasa nyaman. Karena kebersihan perpustakaan dan kerapian buku-buku merupakan hal yang utama agar siapapun merasa betah dan nyaman untuk membaca.

Hal ini sebagaimana yang diterapkan dan dilakukan pegawai kantor Perpustakaan di Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. Empat pegawsi perpustakaan kecamatan Kongbeng mengoptimalkan kebersihan ruangan dan kerapian dalam penataan buku-buku yang jumlahnya lebih dari seribuan koleksinya. Mereka adalah Desi Ardiani, Dani Rutanti, Milda Gustina dan Siti Wulan Sari.

Desi menyebutkan, bersama rekannya itu ruangan perpustakaan kecamatan Kongbeng setiap hari dibersihkan, buku-buku disusun dan dirapikan.

“Kami setiap hari membersihkan, merapikan dan menyusun ulang buku-buku,” kata Desi kepada wartawan, Senin (28/11/2022).

Desi menambahkan meski dengan kondisi perpustakaan yang sudah tua dimakan usia bahkan plafon sudah bocor-bocor, mereka tetap semangat bekerja dan menjaga aset daerah.

Dikatakan, bahwa selain kebersihan terpelihara, kerapian perpustakaan juga menjadi modal utama.

Ia mengatakan itu, karena apabila katalogisasi atau klasifikasi buku di perpustakaan tidak tersusun dengan baik, tentu akan sulit menemukan saat pengunjung menginginkan.

“Tentu senang aja bekerja, buktinya sejak 2016 saya bekerja sampai sekarang,” ujar Desi yang masih berstatus Tenaga Kerja Kontrak Daerah ( TK2D).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kutai Timur Dr Ayub SE menjelaskan, Perpustakaan Kecamatan Kongbeng ini merupakan bagian dari UPT Perpustakaan Kecamatan Muara Wahau.

Menurut Ayub, Kecamatan Muara Wahau itu membawahi Kecamatan Wahau, Kecamatan Kongbeng dan Kecamatan Telen. Untuk di Kutim ini terdapat 4 UPT Perpustakaan yakni UPT Sangatta, UPT Muara Bengkal, UPT Muara Wahau dan UPT Sangkulirang.

UPT Sangatta membawahi Kecamatan Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Selatan, Kecamatan Teluk Pandan, Kecamatan Rantau Pulung dan Kecamatan Bengalon.

Kemudian UPT Muara Bengkal membawahi Kecamatan Muara Bengkal, Kecamatan Muara Ancalong, Kecamatan Busang, Kecamatan Long Masengat dan Kecamatan Batu Ampar

UPT Kecamatan Muara Wahau membawahi UPT Kecamatan Muara Wahau, Kecamatan Telen dan Kecamatan Kongbeng.UPT Kecamatan Sangkulirang, membawahi Kecamatan Sangkulirang, Kecamatan Kaubun Kecamatan Karangan dan Kecamatan Sandaran.“Jadi 4 UPT ini membawahi kecamatan sesuai zona,” katanya (adv/lk/dho)

 

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 13,366 Kali, Hari ini saja ada 129 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…