Wawali melauching 11 buku antologi SDN 007 Samarinda Ilir di aula Dispursip Samarinda.

Rusmadi: Terus Membaca dan Berkarya

Sudah dilihat 166 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

*Dari Launching 11 Buku Antologi SDN 007 Samarinda Ilir

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi yang juga ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) kota Samarinda mengapresiasi dan berharap dari launching 11 buku Antologi SD Negeri 007 Samarinda Ilir kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur ini bisa menambah giat semangat melakukan gerakan literasi.

“Peringatan Hari Guru Nasional yang ke 77 tahun ini, tidak hanya dimaknai dengan meningkatkan literasi dengan belajar atau membaca saja. Tapi lebih dari itu pelajaran atau bacaan yang diterima dari proses belajar mengajar dapat menghasilkan sebuah karya berwujud buku. Seperti hari ini, launching dari 11 buku antologi, sebanyak 8 buku adalah karya anak-anak luar biasa. Saya kira inilah bentuk riil bagaimana kita memaknai hari guru, yaitu melalui upaya untuk terus melakukan gerakan literasi. Jadi literasi itu bukan membaca saja tetapi kemudian berbuah kepada karya,” ucap Rusmadi dalam sambutannya saat Launching Buku Antologi Karya Siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan SD Negeri 007 Samarinda Ilir di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) kota Samarinda, Jumat (25/11/2022).

Rusmadi mengatakan atas nama Pemerintah Kota Samarinda sangat mendukung launching buku antologi ini. “Teriring harapan angka minat baca dan melek literasi pada masyarakat kota Samarinda akan meningkat. Ada lima tingkatan literasi, mulai bisa baca tulis, berhitung, dan pembentukan karakter di tingkat SD hingga tingkat teratas menjadi produsen,” kata Rusmadi yang mewakili wali kota Samarinda Dr H Andi Harun.

Menurutnya juga ini sejalan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan minat dan kegemaran membaca dan literasi (Reading Society) serta mendorong budaya belajar (Learning Society) sepanjang hayat.

Berbicara tentang buku dan membaca, menurutnya bahwa masyarakat yang gemar membaca, tentu membaca dalam arti yang luas, adalah masyarakat yang sedang bergerak maju menuju masyarakat maju. “Manakala masyarakat rajin membaca, dia akan menjadi masyarakat yang rajin belajar, dan masyarakat yang rajin belajar itulah jalan setapak lebih maju lagi menjadi masyarakat yang maju. Semoga kita semua yang ada di ruangan ini menjadi bagian dari transformasi besar bangsa kita menuju ke negara maju,” tandasnya.

Rusmadi juga berharap agar sekolah-sekalah lain bisa menyusul dalam membuat karya berupa karya tulis dan literasi yang membangun untuk meningkatkan giat baca masyarakat, khususnya generasi muda tingkat Sekolah Dasar.

Dalam peluncuran Buku Antologi ini hadir pula Kepala Sekolah SDN 007 Samarinda Ilir Sri Mulyati dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) kota Samarinda Erham Yusuf serta para penulis buku. (adv/dho)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 6,007 Kali, Hari ini saja ada 145 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…