Wawali Rusmadi menyaksikan penandatangan MoU

Komitmen Tingkatkan Literasi, Dispursip Samarinda MoU dengan SDN 007

Sudah dilihat 186 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Meningkatkan literasi di kalangan pelajar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kota Samarinda melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan SD Negeri 007 Samarinda Ilir, kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan ini sendiri dirangkaikan dengan Launching 11 Buku Antologi Karya SD Negeri 007 Samarinda Ilir Karya Siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan di aula Dispursip kota Samarinda, Jumat (25/11/2022). Adapun penandatangan MoU dilakukan langsung Kepala Dispursip kota Samarinda Erham Yusuf dan Kepala Sekolah, Sri Mulyati disaksikan Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi.

Erham mengatakan bahwa pihaknya akan bersinergi dengan siapa saja untuk berkomitmen meningkatkan literasi dalam ruang dan tempat dimana saja.

Menurut Erham salah satu misi Pemerintah Kota Samarinda adalah mewujudkan masyarakat Kota yang relijius, unggul, dan berbudaya. Hal ini sinergis dengan Visi Presiden Republik Indonesia Tahun 2020-2024, yaitu mewujudkan SDM Unggul untuk Indonesia Maju, dan Literasi menjadi faktor esensial dalam upaya membangun masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter.

“Literasi yang kuat mampu mendorong manusia pada kegiatan produktif yang memberikan manfaat sosial, ekonomi dan kesejahteraan. Oleh karena itu kami akan terus melakukan berbagai upaya meningkatkan literasi seperti MoU kali ini. Kita punya komitmen bersama dalam upaya memajukan kegiatan literasi, baik di sekolahan maupun di sini (Perpustakaan),” terangnya.

Adapun isi MoU berkaitan kesepakatan kerja sama tentang apa yang harus SDN 007 Samarinda Ilir lakukan untuk menggairahkan kegiatan literasi. Begitupun Dispursip Kota Samarinda lakukan upaya serupa bagi SDN 007 Samarinda Ilir.

“Kedepan saya akan dukung dengan menghadirkan mobil Perpustakaan. Kalau mereka ya kita harapkan support dengan menjadwalkan siswanya ke perpustakaan,” jelasnya.

Begitupun upaya konkret lainnya diberikan Dispursip Kota Samarinda kepada SDN 007 Samarinda Ilir secara intensif akan lakukan pendampingan terhadap Perpustakaan di sekolah. Menurutnya ini juga bagian penting bagi Perpustakaan daerah dalam membina Perpustakaan yang ada di sekolah.

“Di sana juga ada Perpustakaan, nanti secara intensif kita lakukan pendampingan dan pembinaan,” pungkas Erham.(adv/dho)