Perpustakaan Balikpapan Kembangkan e-Book

Sudah dilihat 340 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

BALIKPAPAN, MEDIAIBUKOTA- Semakin meningkatnya penggunaan gadget menjadi tantangan tersendiri terhadap budaya literasi. Untuk itu pemerintah setempat melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan terus mengupayakan inovasi. Agar minat masyarakat datang ke perpustakaan maupun membaca buku bisa meningkat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Sutadi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah inovasi dalam pelayanan perpustakaan. Diantaranya penerapan sistem e-book. Sistem ini memindahkan buku manual ke dalam buku elektronik berbasis web.

“Jelas ini memudahkan pembaca untuk membaca buku tanpa pegang buku. Tinggal buka laptop, komputer PC atau gadget saja. Ini sesuai perkembangan budaya digital di masyarakat yang menjadi tren saat ini,” ujarnya, Kamis (10/11/2022).

Inovasi ini, lanjut Sutadi, cukup penting dilakukan. Mengingat perpustakaan tidak bisa hanya mengandalkan cara-cara manual. Apalagi perkembangan jaman yang sedemikian cepat. Di mana internet menjadi salah satu kebutuhan masyarakat di era modern sekarang ini. Namun tetap animo membaca buku dari diri masyarakat yang menjadi tujuan utamanya.

“Kita terus coba inovasi itu. Memang tergantung dari minat masyarakatnya. Kalau e-book sudah ada tapi yang baca tetap nggak minat. Tapi memang kita tetap perlu sekali lakukan berbagai terobosan,” tambahnya.(adv/sb/dho)