Musik Khas Samarinda SALATING Tampil Di Kaltim Charity Festival 2022

Sudah dilihat 185 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, KOMINFONEWS- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda menampilkan kearifan lokal seni musik daerah di atas panggung hiburan Kaltim Charity Festival 2022 di Convention Hall Stadion Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Jum’at (4/11/2022) sore.
Kelompok musik yang dipilih adalah Kuarsa Mahakam pimpinan Lutfi Chairullah. Kelompok musik tradisi ini menyuguhkan lagu-lagu daerah dalam balutan irama Salating (Samarinda Lagu Tingkilan) yang merupakan musik khas Samarinda.
Dalam kesempatan ini Kuarsa Mahakam menurunkan 8 dari personilnya, masing-masing Lutfi Chairullah, Abdillah, Sopiansyah, Hary Gunawan, dan Muhammad Nurrohim. Dodukung 3 vokalis yang menyanyikan lagu-lagu daerah se Kalltim yakni Siti Rahmadaniah, Syaifatul Hadijah dan Aji Vema Herlina.
Dalam sambutannya, Kepala Diskominfo Dr Aji Syarif Hidayatullah, S Sos, M Psi mengatakan bahwa generasi muda harus mengenal kearifan lokal daerahnya. Oleh sebab itu Diskominfo sebagai instansi yang bertugas menyampaikan informasi positif ke masyarakat beupaya masuk melalui berbagai komunitas termasuk komunitas musik Salating.
Musik Salating yang merupakan singkatan dari Samarinda Lagu Tingkilan ini adalah musil khas Samarinda yang merupakan perpaduan antara tradisi tingkilan ala Kutai dengan musik panting Banjar.
“Bukan hanya hari ini, tapi nanti jari Minggu, Diskominfo juga akan memeriahkan panggung ini dengan kegiatan lomba Ayam Serama,” ujar Aji Syarif Hidayatullah didampingi Kepala Bidang Pelayanan Komunikasi Publik, Syamsul Anwar. Menurut dia komunitas ayam Serama juga merupakan potensi yang unik yang patut diperhatikan karena selama ini memang kurang di kenal di masyarakat. Padahal nilai budaya dan kekhasannya sangat bagus.
Sementara itu Kabid Pelayanan Komunikasi Publik, Syamsul Anwar berharap bahwa diseminasi informasi bisa masuk melalui berbagai komunitas, sehingga informasi positif dan sosialisasi program-program pemerintah kota dapat menyebar di masyarakat. Terutama dalam menggemakan program andalan pemerintah kota Samarinda Pro Bebaya.
Hadir pula dalam kesempatan ini seniman senior Kalltim Elansyah Jamhari yang merupakan pembina Kelompok Kuarsa Mahakam. Tokoh budaya yang banyak memiliki binaan di Bumi Etam ini memimpin Forum Aktualisasi Seni Tradisional (FORMAT) Kaltim yang merupakan wadah berkumpulnya aneka seniman daerah. (UJE/MIK)
Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 17,782 Kali, Hari ini saja ada 67 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…