Perpustakaan Balikpapan Terima Kunjungan Verifikasi

Sudah dilihat 266 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

BALIKPAPAN, MEDIAIBUKOTA- Pemerintah Provinsi Kaltim menerjunkan tim penilai panji-panji keberhasilan pembangunan bidang perpustakaan ke kabupaten kota. Tim ini bertugas melakukan penilaian terhadap manajemen perpustakaan dan arsip yang ada di tiap daerah.

Kepala Bidang Perpustakaan dan Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Kartini mengatakan program ini untuk menilai kinerja daerah. Terutama dalam realisasi program pembangunan dan pembudayaan gemar membaca. Apalagi secara umum minta baca di masyarakat masih tergolong rendah.

“Ini penilaian terhadap kinerja kita. Karena Pemprov Kaltim memasukkan kemajuan perpustakaan sebagai salah satu standar keberhasilan suatu daerah. Makanya perlu dicek antara program dengan kenyataannya,” ujarnya, Senin (17/10/2022).

Selain itu, lanjut Sutadi, tim penilai dari provinsi juga meminta keterangan langsung dari penggiat komunitas membaca yang ada di Balikpapan. Termasuk berbagai program kerja perpustakaan dalam upaya meningkatkan budaya literasi di kalangan masyarakat. Apalagi selama ini cara pandang masyarakat terhadap perpustakaan hanya sebatas gedung berisi buku.

“Kami ada program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Sempat dapat penghargaan. Ini dalam upaya merubah pandangan masyarakat pada perpustakaan kita. Apalagi kita bersaing dengan gadget,” tuturnya lagi.

Untuk tahun ini, tambah Sutadi, pihak tim penguji menginformasikan ada 4 kabupaten kota yang bersaing dengan Balikpapan. Yakni Bontang, Kutai Kartanegara, Paser dan Berau. Mereka dinilai cukup berhasil dalam pembangunan dan pengembangan perpustakaan di wilayahnya.(adv/dpkkaltim/sb/dho)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 17,821 Kali, Hari ini saja ada 106 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…