Jangan Ada Lagi Stiqma Terpinggirkan, Perpustakaan pun Harus Akreditasi

Sudah dilihat 142 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

BALIKPAPAN, MEDIAIBUKOTA- Pola pikir masyarakat terhadap perpustakaan harus berubah. Mengingat selama ini perpustakaan menempati posisi terpinggirkan. Bahkan penempatan ruangan perpustakaan di institusi pendidikan saja masih jauh dari standar kelayakan. Apalagi volume membaca buku kalah jauh dengan penggunaan gadget di masyarakat.

Menyikapi hal ini, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Hasanuddin mengakui masih banyak perpustakaan sekolah yang belum memenuhi standar. Padahal sekolah merupakan tempat pendidikan. Artinya siswa maupun guru seharusnya memiliki animo tinggi terhadap budaya literasi.

“Makanya kami melakukan pembinaan perpustakaan dan upaya peningkatan jumlah pembaca. Khususnya di sekolah-sekolah kita. Ini salah satu fokus kami di tahun 2022,” ujarnya kepada awak media, Rabu (12/10/2022).

Untuk itu, lanjut Hasanuddin, pihaknya melakukan kegiatan akreditasi terhadap perpustakaan yang ada di sekolah. Hal itu jelas berdampak positif pada status sekolahnya. Karena standar akreditasi mengikuti aturan nasional. Sehingga jika lolos, pihak sekolah bisa mendapatkan label standar perpustakaan nasional.

“Jadi nantinya diharapkan sekolah tersebut memiliki standar perpustakaan nasional dan ikut akreditasi. Alhasil apabila sekolah tersebut lolos mereka dapat label perpustakaan standar nasional. Paling tidak akan berdampak pada nama sekolah,” tambahnya.(adv/sb/dho)

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 6,082 Kali, Hari ini saja ada 220 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…