Buka TMMD ke 115, Wali Kota Samarinda Apresiasi Sinergitas TNI-Masyarakat

Sudah dilihat 138 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA – Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun mengapresiasi sinergitas TNI-Masyarakat yang tercipta dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan sebagai kegiatan yang menghadirkan efisiensi dan efektifitas dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikan Wali Kota Samarinda dalam arahannya sebagai Inspektur Upacara Pembukaan TMMD ke 115 tahun anggaran 2022 di wilayah Kodim 0901/SMD di lapangan Sepakbola Kecamatan  SDN 001 jalan Kamboja kelurahan Rawa Makmur, Palaran, Selasa (11/10/2022).

Andi Harun mengatakan TMMD adalah program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah beserta masyarakat yang sudah berjalan selama 41 tahun, yang tujuannya untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah pedesaan, mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat, dengan harapan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kemanunggalan TNI dengan rakyat harus terus kita tingkatkan. Program TMMD ini, baik fisik maupun non fisik jelas sangat membantu. Saya atas nama pemerintah kota dan seluruh masyarakat kota Samarinda, mengucapkan terima kasih kepada Pak Danrem, Pak Dandim serta keluarga besar TNI dan Polri serta seluruh yang terlibat untuk kita sama-sama terus tingkatkan solidaritas kita, kolaborasi kita dan sinergi kita agar ini menjadi bagian sumbangan kita kepada bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Andi Harun mengaku bangga terhadap program TNI Manunggal TMMD yang tahun ini mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”. Karena pekerjaan yang kelihatannya berat bisa menjadi ringan sebab dilaksanakan secara bersama-sama atau gotong royong.

“Ya kegiatan ini tentu sangat bermanfaat, belasan tahun jalan ini tidak bisa menghubungkan dua kelurahan (Handil Bakti-Rawa Makmur), dengan anggaran yang sangat efisien Rp 1,8 miliar jadi bisa menyelesaikan pekerjaan pembanguann talut dan perbaikan jalan. Apabila kita bandingkan dengan kegiatan reguler di dinas maka tentu ini jauh lebih murah, lebih efisien. Bahkan kalau saya setiap tahun kita akan dukung terus, pokoknya kemanunggalan TNI dan rakyat, pemerintah terus harus kita tingkatkan,” tegas Andi Harun saat meninjau lokasi pembuatan jalan dan talut seusai upacara.

Dikatakannya, dalam soal pembangunan fisik dan ekonomi sosial kemasyarakatan, program TMMD ini jelas sangat membantu.

Kembali ke masalah pembangunan jalan di RT 14 dan 50 Kelurahan Rawa Makmur, serta RT 28 dan 01 Kelurahan Handil Bakti merupakan jalan sangat penting sebagai akses alternatif warga.

“Selain dapat mendorong roda perekonomian, akses jalan ini juga banyak memberikan banyak manfaat bagi para petani dan anak-anak usia sekolah yang berada di daerah Handil Bakti serta Rawa Makmur pada khususnya, dan masyarakat Kecamatan Palaran pada umumnya,” imbuh Andi Harun yang menandai resmi pembukaan TMMD dengan penyerahan peralatan kerja dan memukul gong didampingi Komandan Korem 091/ASN

Brigjen TNI Dendi Suryadi, Dandim 0901/Samarinda Letkol Arm Novi Herdian dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Terakhir, Ia berharap dengan kegiatan TMMD ini bukan hanya semata-mata pembangunan fisik jalan tetapi juga ada kegiatan non fisik, seperti sosialisasi bahaya terorisme, radikalisme, wawasan kebangsaan, bela negara, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan narkoba, penyuluhan stunting, tertib berlalu lintas, dan lain-lain.

“Mudah-mudahan TMMD di Kelurahan Rawa Makmur dan Handil Bakti ini bisa menjadi energi baru buat masyarakat,” harapnya.

Sementara Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi mengatakan kegiatan dalam TMMD adalah implementasi daripada sistim pertahanan rakyat semesta. “Adalah sistim pertahanan yang ditakuti oleh negara-negara lain di dunia dalam hal untuk menyerang kita secara fisik. Contohnya Taliban bisa mengalahkan negara Amerika dari negerinya. Adanya kemanunggalan kita sasar dalam TNI ini. Jadi kemanunggalan TNI dan rakyat itu prasyarat utama dari jalannya sistem keamanan rakyat semesta,” ungkapnya.

Melalui TMMD ini diharapkannya TNI membantu Wali Kota dalam hal pembangunan ini sehingga masyarakat semakin sejahtera masyarakat, semakin senang dan bisa dekat dengan TNI itu.

“Outcomenya, pertahanan rakyat semesta. Itukan sudah amanat Undang Undang Dasar, bukan Undang Undang. UUD Pasal 30 bahwa sistem pertahanan keamanan Indonesia namanya Sisankamrata. Jadi outcomenya kesana,” tegas putra daerah kelahiran Kutai Kartanegara ini.

Ia mengatakan mereka melakukan TMMD membantu dalam pembangunan pemerintah. “Fungsi negara yang kedua kan adalah memajukan kesejahteraan umum, fungsi negara yang pertama melindungi segenap rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Secara teknis Dandim Samarinda menjelaskan dalam pelaksanaan TMMD ke 115 di Kota Samarinda 11 Oktober- 9 November ini, Kodim 0901 Samarinda bersama Satgas yang berjumlah 150 orang dari TNI Polri dan masyarakat 25 orang.

“Kita akan melaksanakan tiga objek secara fisik ada objek jalan panjang 1.520 meter lebar 5 meter dalam rangka peningkatan kualitas, kemudian ada 2.215 meter panjang talut atau tembok penahan tanah. Kemudian yang ketiga ada 3 jembatan atau gorong-gorong yang akan menghubungkan kelurahan Handil Bakti dengan kelurahan Rawa Makmur,” terangnya.

Selain itu ada pembangunan mushola Tuttaqim, rehab rumah 1 unit di Rawa Makmur dan 1 unit di Handil Bakti, serta perbaikan pos kamling 1 unit di Handil Bakti dan pembuatan pos kamling 1 unit di Rawa Makmur.

Pada pembukaan itu dirangkai pula bakti sosial sunatan masal, bazar murah, SIM keliling, vaksinasi Covid 19 dan pemberdayaan UMKM serta penyerahan bantuan makanan tambahan dan secara spontanitas uang vitamin dari Wali Kota.(DON/KMF-SMR)

DISALIN DARI:

https://ppid.samarindakota.go.id/berita/berita-ppid/buka-tmmd-ke-115-wali-kota-samarinda-apresiasi-sinergitas-tni-masyarakat