Perpustakaan Kaltim Gagal Pindah ke Hotel Atlet

Sudah dilihat 28 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA- Wacana untuk memfungsikan Hotel Atlet Sempaja sebagai pusat layanan perpustakaan daerah Kaltim sepertinya sulit terwujud. Pasalnya, Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim melalui Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Pengelolaan Prasarana Olahraga berencana akan memanfaatkan dan mengoperasikan kembali Hotel Atlet GOR Kadrie Oening Sempaja dengan jenis pemanfaatan  seperti semula, yakni Hotel Atlet.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim HM Syafranuddin mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim terkait usulan untuk penggunaan Hotel Atlet sebagai Perpustakaan Daerah Kaltim.

“Iya, kami sudah menerima surat dari BPKAD. Disampaikan intinya bahwa ada telaah yang merekomendasikan Hotel Atlet akan dimanfaatkan atau dioperasikan kembali oleh Dispora Kaltim sebagai fungsinya semula,” ujarnya baru-baru ini saat dikonfirmasi.

Padahal menurutnya, Hotel Atlet Sempaja sangat potensial jika difungsikan menjadi pusat layanan Perpustakaan Daerah.

Kendati demikian, dengan adanya surat dari BPKAD Kaltim tentunya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim tidak akan lagi berharap dapat menempati gedung tersebut.

“Kami akan memikirkan lagi, rencana apa lagi sebagai upaya untuk menyelamatkan semua dokumentasi arsip dan buku-buku yang ada di sini, ” kata Ivan sapaan akrabnya.

Seperti diketahui, letak gedung kantor Perpustakaan Daerah Kaltim yang berada di Jalan Juanda Samarinda kerap mengalami kebanjiran ketika hujan turun. Bahkan ketika banjir besar di akhir September 2022 lalu, ketinggian air mencapai setengah meter masuk ke dalam gedung dan merendam seluruh ruangan yang ada di lantai 1.

Sebenarnya dukungan pemindahan Kantor Perpustakaan Daerah Kaltim datang dari berbagai pihak, diantaranya dari anggota DPRD Kaltim di Karang Paci yang mendesak untuk Pemprov Kaltim menyediakan gedung baru yang lebih representatif. Sebagiannya mendukung untuk Dinas Perpustakaan Daerah Kaltim menggunakan Hotel Atlet Samarinda. Salah satunya adalah Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi.

“Bagus saja (pengalihfungsian Hotel Atlet Sempaja sebagai pusat layanan Perpustakaan Daerah Kaltim, red), kami dukung, karena kondisi yang sekarang seperti itu, jadi tidak efektif,” pungkas Reza.(adv/*an/dho)