-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Konjen Australia di Makasar Kunjungi PKBI Kaltim

Selasa, 05 Juli 2022 | Juli 05, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-06T10:05:03Z
SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA: Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) daerah Kalimantan Timur, hari ini Rabu (6/07/2022) mendapatkan kunjungan dari Konsulat Jenderal Australia di Makasar, Ms Bronwyn Robbins. Ia didampingi Mr Mark King (Sekretaris Pertama Kedutaan Besar Australia Jakarta), dan Ms. Lulu Purnama Sari (Peneliti Senior Konsulat Jenderal Australia di Makasar).


 
 
Bronwyn meninjau beberapa program dan layanan yang diberikan oleh PKBI Kaltim kepada masyarakat. Ada banyak program yang dijalankan saat ini diantaranya; Bina Anaprasa, Penanganan Remaja, HIV/AIDS, Klinik Kesejatan, RESPOND, Pulih Bersama, Lansia, dan Elimanasi TB.
 




Kehadiran Bronwyn dan rombongan disambut oleh  Syahrir Basran (Ketua Pengurus Harian Daerah PKBI Daerah Kaltim), Sumadi Atmodiharjo (Wakil Ketua Pengurus Harian Daerah PKBI Daerah Kaltim), Asmuran Gautama (Direktur Eksekutif Daerah PKBI Kaltim) serta beberapa pengurus PKBI lain, diantaranya Septeni, Yulia Wahyu Ningrum, dan Nani Endang Nuryani. Selain itu juga ada perwakilan dari masyarakat yang merupakan pengguna layanan PKBI.
 



Menjawab pertanyaan Bronwyn, Direktur Harian PKBI Kaltim, Asmuran Gautama menyampaikan beberapa kelebihan layanan klinik yang ada di lembaga yang dia pimpin.

Menurut Muran, diantara kelebihan layanan klinik di PKBI yang tidak diberikan oleh klinik lain pada umumnya adalah; klinik PKBI tidak hanya menerima pasien yang datang ke klinik, namun juga memberikan layanan berupa kunjungan ke rumah pasien yang mengalami kendala atau halangan untuk datang langsung. 
 
 

 


Selain itu, ditambahkan oleh pengurus lainnya, PKBI juga memberikan perhatian kelompok minoritas dan marginal yang biasanya juga agak kesulitan mengakses layanan kesehatan di tempat lain. Diantaranya kaum disabilitas, Waria, Pekerja Seks Komersial (PSK), dan lainnya. 

Berkenaan dengan kelompok marginal dan privasi bagi mereka, PKBI mengantisipasi dengan memberikan pintu masuk dan pintu keluar yang berbeda bagi tiap pasien yang menggunakan layanan klinik PKBI. Sehingga kemungkinan pasien keluar berpapasan dengan yang baru masuk bisa dihindari. 

Bronwyn Robbin selaku perwakilan pemerintah Australia yang selama ini menjalin kerjasama dengan PKBI mengaku senang dan kagum dengan aneka kiprah dan program PKBI yang telah dan sedang dijalankan. Menurut dia, apa-apa yang dijalankan selama ini sangat bagus. 

Acara kunjungan ini selain diisi dengan peninjauan dan diskusi juga disambut dengan tarian khas daerah dan lagu. Juga ada pemberian cenderamata sebagai kenang-kenangan buat Konsulat Jenderal Australia, Sekretaris Pertama Kedutaan Besar Australia Jakarta serta pengurus PKBI Pusat yang mendampingi mereka. (*/asya/mediaibukota) 


×
Berita Terbaru Update