Kominfo Kaltim Gelar FGD Soal Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Tenggarong

Sudah dilihat 184 Kali, Hari ini saja ada 2 Kali dilihat

TENGGARONG, MEDIAIBUKOTA- Dinas Kominfo (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Konsolidasi dan Sinergitas Dalam Penyelenggaraan Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Antar Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur” di Hotel Grand Fatma Tenggarong, selasa (12/07/2022).
Kepala Diskominfo Provinsi Kaltim, Muhammad Faisal mewakili Pj. Sekda Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi, saat membuka acara ini  menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta yang meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan. 
“Sudah saatnya kita menganggap penting KIM (Kelompok Informasi Masyarakat). Dengan adanya pembangunan  IKN percepatan transformasi digital begitu luar biasa ditandai dengan maraknya pembangunan tower selular di tempat-tempat yang dulunya sulit dibangun,” ujar Faisal.
Terlebih dengan maraknya hoax saat ini, keberadaan KIM sangat penting dalam menyebarkan informasi yang benar dan positif guna menangkalnya. Faisal mensinyalir bahwa hoax kini telah menjadi sebuah industri, terutama dengan tingginya konstelasi politik menjelang pemilu. 
Menurut Kabid IKP dan Kehumasan Irene Yuriantini, dalam laporannya sebagai panitia, acara tersebut menampilkan dua pemateri yakni Kepala Bidang PKP Doskominfo Kutai Kartanegara Ahmad Arianto dan Helmi Hafidz dari Kementerian Kominfo RI. 
Arianto menyampaikan paparan dengan tajuk “Melalui Jejaring Komunikasi KIM Menjawab Tantangan Luas Wilayah Kukar Berbasis Media Sosial Mengangkat Potensi Lokal. Adapaun dari Kominfo pusat, Kasubdit Tata Kelola Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Helmi Hafidz, menyuguhkan uraian tentang “Peningkatan Kapasitas Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Dalam Rangka Desiminasi Informasi Publik Berbasis Internet.”
Acara diikuti oleh perwakilan seluruh Diskominfo Kabupaten/Kota di kalimantan Timur, baik secara onsite maupun  online. Dari daftar peserta yang tercantum dalam undangan, masing-masing dari perwakilan Samarinda, Balikpapan, Bontang, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Paser, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, dan Berau. 
Hadir pula Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kutai Kartanegara (Kukar), Totok Heru Subroto yang mewakili Bupati memberikan sambutan. Ia menjelaskan kondisi kondisi pelayanan komunikasi di Kabupaten ini. Menurutnya salah satu program Kutai Kartanegara yang sedang dilaksanakan saat ini adalah bagaiman mewujudkan kondisi jaringan komunikasi yang tanpa satupun wilayah blankspot. 
Sebelum digelarnya Focus Group Discussion dilakukan pelantikan Forum Komunitas Informasi Masyarakat (Forum KIM) Kutai Kartanegara oleh Kepala Dinas Kpmunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara David Harianto. (Syafei/mediaibukota)
Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Muhasabah Diri Pasca Pemilu

Sudah dilihat 17,741 Kali, Hari ini saja ada 26 Kali dilihat JENDELA NURANI: Pencoblosan telah usai. Kita tinggal menunggu…