Breaking News

Peringati Hari Otonomi Daerah, Wawali Sebut Pemda Diberi Ruang untuk Membangun


SAMARINDA. KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda Dr H Rusmadi menyampaikan hadirnya Otonomi Daerah (Otda) sangat membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengakselarasi pembangunan, karena antara Pemerintah Pusat dan Pemda memiliki kejelasan dalam pembagian kewenangan, hal ini dikatakan Wawali usai hadir dalam peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah tahun 2022 melalui video conference di Ruang Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samairinda, Senin (25/4/2022).

“Sudah 26 tahun Otda ini berlangsung, saya kira sudah memberikan bukti bahwa daerah diberikan ruang untuk menata kemudian membangun daerahnya masing-masing,”kata Rusmadi.

Sebelumnya, acara yang bertema dengan semangat Otonomi Daerah kita wujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang proaktif berakhlak dengan membangun sinergi pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia emas di tahun 2045 ini dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro.

"Izinkanlah saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah - daerah otonomi baru yang telah berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan fiskalnya, peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka indeks pembangunan manusia, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas, serta akses infrastruktur yang baik, dan lain-lain," ucap Suhajar saat membacakan sambutan Mendagri.

Acara peringatannya sendiri dilanjutkan dengan launching Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Versi 1.1 dan Konsultasi Virtual Otonomi Daerah. (FER/CHA/KMF-SMD)

 https://ppid.samarindakota.go.id/berita/kabar-pemerintahan/peringati-hari-otonomi-daerah-wawali-sebut-pemda-diberi-ruang-untuk-membangun

Tidak ada komentar