-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Buka Bersama, Sandima FORMAT Siapkan Pementasan dan Penerbitan 3 Buku

Senin, 25 April 2022 | April 25, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-29T12:10:28Z

 

SAMARINDA, MEDIAIBUKOTA.COM: Bertempat di Kafe Rumah Rawa Jl. Pramuka para seniman Sandiwara Mamanda yang tergabung dalam Forum Aktualisasi Seni Tradisional Kalimantan Timur (FORMAT) menyelenggarakan acara buka puasa bersama. 

 


Tampak hadir para tokoh seniman seperti Iyan BL (Ketua Teater Mahakam), Sulistyo (Pantomim) bersama istri, Luthfi Chairullah dan Istinya Siti Rahmadaniah yang merupakan pentolan kelompok musik Kuarsa Mahakam, Ipay Van Kutai (Pelestari budaya Kutai), Pemeran Permaisuri yang juga istri Sultan Elansyah Jamhari Syaifatul Khadijah, Puteri Sandima Desi,  Pemusik Abdillah, Serta Penulis Format yang juga pemeran Wazir dalam Sandima Abdillah Syafei. 

Juga ada beberapa seniman di Luar Sandima baik perorangan seperti Dadang dari Jogja, Jo ketua Rumah Seniman, Achmad Muhlish Navis ketua Aliansi Seniman maupun  kelompok lainnya. 

 


Menurut Ketua Format kaltim Elansyah Jamhari, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh keluarga besar Sandiwara Mamanda (Sandima) untuk lebih menguatkan ikatan tali silaturahmi antar sesama anggota. 

Selain sebagai ajang silaturahmi momen ini juga mereka gunakan untuk berkoordinasi mempersiapkan  aneka kegiatan yang dimulai setelah hari raya Idul Fitri nanti.
Elansyah menuturkan, akan cukup banyak rencana pementasan yang kita lakukan pasca lebaran nanti. Oleh karena para anggota Sandima harus mempersiapkannya dari sekarang demi hasil yang terbaik.

Hal senada diungkapkan oleh ketua FORMAT kota Samarinda Muhammad Nur Rahim yang secara operasional merupakan pimpinan Sandiwara Mamanda. Menurut dia selain akan menggelar banyak pementasan pasca lebaran ini, juag akan diupayakan menulisan pakem-pakem Sandima agar bisa dipelajari di dunia pendidikan, khususnya di kota Samarinda.

"Saya berharap bung Abdillah memasukan pakem-pakem Sandima dalam buku yang ditulis nantinya," ujar Nur Rohim saat memberikan masukan atas penulisan buku Sandima yang sedang dilakukan oleh penulis Format, Abdillah Syafei.

Sementara itu sebagai Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Samarinda, Elansyah Jamhari memberitahukan bahwa dalam waktu dekat akan diterbitkan 3 buku seni budaya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku-Buku Tersebut adalah; Sandima: Catatan Seorang Wazir (Abdillah Syafei), Sungai Mahakam dalam Arus Sejarah Samarinda (Muhammad Sarip), dan Teater di Samarinda (Dadang). Ketiga buku ini diterbitkan dalam rangka Peningkatan Akses Masyarakat terhadap Data dan Informasi Sejarah. (asya)

×
Berita Terbaru Update