Header Ads

Wali Kota Samarinda Pastikan Semua Warganya Punya Akses Layanan yang Sama

SAMARINDA- Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun menegaskan semua warga memiliki akses yang sama untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah. Termasuk akses untuk layanan pendidikan dan kesehatan yang sudah pasti harus diberikan secara merata tanpa memandang perbedaan dan status sosial.

Hal ini ditegaskan Wali Kota saat menerima sekelompok mahasiswa yang melakukan aksi damai di Balai Kota Samarinda, Senin (2/8/2021) siang. Ia menyambut semua tuntutan yang disampaikan para mahasiswa yang menamakan diri Forum Perempuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) Wilayah Kaltimselsul dan Forum Perempuan Mulawarman tersebut, karena memang sejalan dengan visi dan misi pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

"Terkait tuntutan pertama para mahasiswa adalah meminta kepada Pemkot Samarinda untuk dapat memberikan wadah bagi anjal (anak jalanan, Red) untuk memperoleh pendidikan. Pemkot setuju dan menerima tuntutan ini. Kami terus melakukan pendataan bersama sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red) terkait seperti Dinas Sosial, Satpol PP, dan Dinas Pendidikan sehingga semuanya bisa diperhatikan di bidang pendidikan," ungkap Wali Kota didampingi segenap pejabat terkait. 

Selanjutnya tuntutan kedua adalah meminta Pemkot Samarinda untuk melakukan sosialisasi pendidikan ke seluruh elemen masyarakat. Terhadap itu kata orang nomor satu di Kota Samarinda ini, Pemkot terus melaksanakannya. Karena itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan masyarakat selama ini. Termasuk dari para mahasiswa yang memiliki kepedulian tinggi di bidang pendidikan tersebut.

"Kemudian tuntutan ketiga adalah menjaring dan memberikan sanksi tegas kepada para koordinator anjal. Saya turut berbangga atas masukan ini. Kita terus melakukan penelusuran terhadap oknum-oknum yang sengaja memanfaatkan anjal. Kita juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar busa diproses secara hukum terhadap para oknum yang sengaja menjadi koordinator anjal. Dengan begini, semoga kita bisa menekan jumlah anjal," tegasnya.

Terakhir terkait tuntutan untuk menjamin fasilitas kesehatan bagi anjal juga disambut baik Wali Kota. Mantan Ketua DPRD Kaltim dua periode ini memastikan bahwa Pemkot Samarinda sangat memberikan perhatian serius terkait kesehatan warganya.

"Saya juga tekanian bahwa anjal adalah bagian dari elemen masyarakat yang berhak mendapatkan semua layanan, termasuk layanan kesehatan. Jadi secara umum, dari empat tuntutan ini, kamu setujui semuanya," pungkas Wali Kota di hadapan para mahasiswa tersebut. (HER/KMF-SMD)

SUMBER: 
https://diskominfo.samarindakota.go.id/kegiatan-masyarakat/wali-kota-pastikan-semua-warga-punya-akses-layanan-yang-sama

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.