Header Ads

Pasar Dayak Rencananya Dibangun Modern dan Bernuansa Etnik


SAMARINDA- Pada Kamis (05/08/2021), Dinas PUPR Kota Samarinda memaparkan teknis rencana bangunan Pasar Dayak baru di Jalan PM Noor. Cecep Herly selaku Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Samarinda yang memberikan presentasi. 

Cecep menerangkan, pembangunan Pasar Dayak baru berlantai 1 ini akan mengusung konsep sosio - teknologi. 

"Teknologi sebagai media, di mana memposisikan masyarakat sebagai subyek untuk dicanangkan dalam hal pembelajaran. Bagaimana berbelanja yang baik dan bersih. Dagangan pun kalau bisa dengan keluaran yang baik," terangnya. 

Secara teori, kawasan tersebut adalah catchment area dan rawa. Sehingga membutuhkan anggaran yang besar. Guna meminimalisir anggaran, Dinas PUPR memberikan saran konsep pasar tersebut bernuansa etnik. 

Konsep etnik ini tidak serta merta harus berbentuk lamin. Cecep menjelaskan, pihaknya memancing opini masyarakat terlebih dahulu dimana tradisional tidak harus lamin. 

"Karena dengan lamin 2 lantai misalkan pancangnya berapa, super betonnya berapa. Yang kita orientasikan harus imbang. Ada kebutuhan, kebijakan, kemudian kemampuan anggaran daerah dalam pandemi ini. Pasti menurun kan," jelasnya. 

Luas lahan tersebut seluas 35 × 50 meter persegi dan akan dibuat pasar satu tingkat yang mampu menampung sekitar 100 lapak. 100 lapak tersebut akan dibagi menjadi 3 kelompok. Misalnya, kelompok pedagang etnik akan diberikan wadah display dan workshop. Setelah itu ada kelompok pedagang lapak basah dan lapak kering. 

Terkait estimasi anggaran pembangunan pasar, Cecep menyatakan anggaran akan fleksibel melihat hasil kajian lebih mendalam. 

"Fleksibel. Kalau toh jadi kemahalan, bisa mengurangi kelompok masanya. Ini kajian agar bagaimana bisa efisien," pungkasnya. (Disya/dil)

SUMBER:
https://www.samarindasmartcity.com/article/pembangunan-pasar-dayak-baru-akan-bernuansa-etnik-modern

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.