Header Ads

Samarinda Kembali Dapat Penghargaan Kota Layak Anak


SAMARINDA - Kota Samarinda masih mempertahankan statusnya sebagai kota layak anak (KLA) pada tahun ini. Penghargaan ini telah dikantongi Kota Samarinda selama 3 tahun berturut - turut dalam kategori Madya. Penghargaan terbaru tersebut diterima oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun pada Kamis (29/07/2021) melalui virtual. Pengharaan ini diprakarsai oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenp2pa).

Salah satu indikator penilaian yang terbagi dalam lima klaster pemenuhan hak anak untuk mengevaluasi KLA. Diantaranya hak sipil kebebasan, lingkungan keluarga dan perlindungan, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan dan pemanfaatan waktu luang, serta perlindungan khusus. Tim independen dari Kemenp2pa RI akan mengevaluasi dan memverifikasi langsung seluruh indikator kepada seluruh kabupaten - kota. Kota Samarinda sendiri memerlukan adanya peningkatan untuk memenuhi seluruh indikator.

"Perlu pembenahan, peningkatan dan pemenuhan atas semua prasyarat yang diperlukan untuk memenuhi semua indikator agar bisa sampai pada tingkat utama. Itu saja," ujar Andi Harun kepada awak media.

Secara umum, Andi Harun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang telah berupaya besar dalam evaluasi dan penilaian KLA tahun ini. Ia berharap Kota Samarinda mampu naik tingkat hingga peringkat utama untuk tahun berikutnya."Mudah-mudahan ini bisa memicu lagi agar tahun berikutnya bisa naik satu atau dua peringkat lagi hingga bisa ke peringkat utama," harapnya.

Ditambahkan oleh Sekretaris DP2PA Samarinda Desy Evriyani yang juga hadir dalam acara, dimana Kota Samarinda sejatinya menargetkan untuk naik tingkat ke kategori nindya pada tahun ini. Tetapi memang ada beberapa aspek yang perlu diberi perhatian lebih untuk mencapai target tersebut.

"Ada beberapa indikator yang memang harus kita penuhi, diantaranya adalah masjid layak anak dan Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak Indonesia (APSAI) yang wajib ya, ini yang perlu menjadi target kita dan beberapa indikator lainnya dari OPD yang memang pencapaiannya belum maksimal," pungkas Desy. (Disya*)

 

SUMBER: 

https://www.samarindasmartcity.com/article/samarinda-kembali-dapat-penghargaan-kota-layak-anak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.