Breaking News

Kaltim Sudah Punya Mobil Lab PCR, Mampu Periksa 300 Sampel Perhari


SAMARINDA, SSCNews- Kabar baik buat masyarakat Kalimantan Timur. Mobile Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) yang beberapa waktu lalu dipesan pemprov Kaltim kini sudah tiba.





Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Hj. Padilah Mante Runa mengatakan bahwa mobil ini dioperasikan dalam rangka mempercepat pemeriksaan sample waiting list yang mencapai 400 sample.





Mobile Lab PCR Covid-19 yang mampu memeriksa hingga 300 sample setiap harinya ini menurut Padilah, akan ditempatkan pada Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim. Setelah selesai semua pemeriksaan sample, barulah mobil akan dioperasikan bagi organisasi perangkat daerah yang memang sudah ada kasus terkonfirmasi positif.





Dengan kemampuan mobil lab ini diharapkan dapat meringankan dan mempercepat upaya memutus rantai penularan Covid-19 khususnya di wilayah Provinsi Kaltim. Sebagaimana diketahui bahwa belakangan terjadi trend kenaikan jumlah orang yang terpapar virus covid-19 di daerah ini.





Karenanya Padilah Mante Runa berharap agar pemerintah dan masyarakat terus meningkatkan ikhtiar untuk mencegah penularan virus berbahaya tersebut. Diantaranya tentu dengan kesadaran mentaati protokol kesehatan di berbagai kegiatan dan dimanapun berada.





Kita menurut Padilah, tidak boleh menganggap remeh soal covid ini, karena penularan virus ini tergolong sangat cepat. (*/asya)


Tidak ada komentar