Breaking News

Masjid Agung Pelita Adakan Shalat Idul Adha Dengan Protokol Kesehatan

 

SAMARINDA: Meski ada himbauan dari MUI kota Samarinda untuk shalat Idul Adha di rumah saja sebagaimana Idul Fitri lalu, namun kebanyakan masjid yang ada di kota tepian ini tetap menyelenggarakannya. Diantaranya adalah Masjid Agung Pelita Jl. Pelita Samarinda.

Namun demikian kegiatan ibadah dilakukan dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Selain Shad shalat yang diatur dengan jarak tertentu, setiap jamaah yang ingin masuk ke area masjid diwajibkan memakai masker dan antri untuk mencuci tangan.

Hal ini tentu untuk mencegah terjadinya penularan virus covid-19 yang belakanga ini semakin banyak menjangkiti warga kota tepian. Bahkan bila idul Fitri lalu orang yang positif covid masih berasal dari kasus impor, saat ini sudah terjadi banyak sekali transmisi lokal.

Pemerintah kota Samarinda saja sudah memperpanjang status tanggap darurat hingga bulan Oktober mendatang. Dan walikota Samarinda H. Syaharie Jaang juga tidak shalat di masjid sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Orang nomor satu di Samarinda ini hanya melaksanakan shalat Idul Adha bersama orang-orang dekatnya di mushalla rumah jabatan walikota.

Dalam pelaksanaan Ibadah kurban tahun ini panitia masjid Agung pelita mendapat titipan hewan kurban dari masyarakat dan pejabat seperti wakil gubernur Hadi Mulyadi dan walikota Samarinda H. Syaharie Jaang. Menurut ketua Masjid ,H.Syafrudin,  panitia  qurban masjid Agung Pelita berhasil menghimpun 27 ekor sapi dan 23 ekor kambing.

Hewan kurban ini rencana akan disembelih pada hari Sabtu 01 Agustus 2020 dan dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. (Asya)

Tidak ada komentar