Breaking News

Lantik 15 Kepsek, Sekda Ingatkan Tak Minder Jabatan Fungsional


SAMARINDA. Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin mengingatkan kepada seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) agar tidak merasa minder dengan jabatan fungsional.

“Seperti kita ketahui dari media atau mulut ke mulut, memang belum dilaksanakan secara penuh tentang revitalisasi jabatan struktural. Ini menuntut bapak/ibu sekalian meningkatkan profesionalitas. Kedepan jabatan struktural sangat sedikit,” ungkap Sugeng ketika mewakili Walikota Samarinda pada Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Jabatan 15 Kepala Sekolah yang terdiri 13 Kepala SD dan 2 Kepala TK di aula SDN 001 Samarinda Ulu, Jl Tirta Kencana, Rabu (5/2) pagi.

Menurut Sugeng, seperti Kepala Sekolah yang dilantik itu merupakan seorang guru juga, supaya tetap memperdalam ilmu teknik tentang memberikan pendidikan.

“Memang di Indonesia pejabat fungsional kurang keren, sehingga berlomba menjadi struktural. Sekarang ini struktural dengan fungsional jomplangnya terlihat betul. Kedepan akan terus ditingkatkan kesejahteraan fungsional, sehingga tidak terlihat jomplang. Kuncinya terus tingkatkan profesionalitas dan kualitas,” tegasnya.

Diharapkan Sugeng agar tidak ada lagi pikiran fungsional beralih ke struktural. Karena justru fungsional lebih menjanjikan. Terkait tugas Kepala Sekolah, diingatkannya bahwa Kepala Sekolah tetap seorang guru yang merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Namun sebutnya sampai saat ini masih ada masyarakat mengeluh dengan pelayanan yang diberikan sekolah, seperti beban pendidikan sangat berat dipindahkan ke pundak anak didik dan orang tua mereka di rumah, kurangnya kreativitas, inovasi dan terobosan yang dilakukan guru.

“Disinilah sebenarnya letak tantangan yang harus segera kita jawab bersama. Karena kalau hal ini kita diamkan akan sangat berpengaruh pada mutu pelayanan aparatur Pemerintah terutama di bidang pendidikan yang akan berakibat pada semakin menurunnya kepercayaan masyarakat. Harapan kami kepada yang dilantik hari ini agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya dengan mencermati setiap perubahan dan tuntutan zaman,” pungkasnya.

Hadir pula dalam kesempatan itu Asisten I Setda Samarinda Tejo Sutarnoto, Kepala Dinas Pendidikan Asli Nuryadin dan jajaran pejabat di Dinas Pendidikan Samarinda.(KMF2)

Penulis/Editor: Doni

Tidak ada komentar